Batik Taplak Panji-Sekartaji di Pamerkan di Pusat Budaya dan Seni (PBS) Universiti Utara Malaysia (UUM)

        Damariotimes. Kedah Malaysia, 7 September 2023. Karya Batik hasil Pengabdian di Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang dipamerkan di Pusat Budaya dan Seni (PBS) Universiti Utara Malaysia (UUM). Batik Taplak Panji-Sekartaji merupakan salah satu kreasi dari tim peneliti yang terdiri dari Dr. Robby Hidajat, M.Sn. (ketua), anggota Dr. Pujiyanto, M.Sn., Dr. Ike Ratwati, M.Pd. anggota alumni Muhammad Afaf Hasyimy, M.Pd.. dan anggota mahasiswa Allfa Andranica Devya A., dan Gesang Bayu Pamungkas.
Batik Taplak Panji-Sekartaji dipamerkan di Pusat Budaya dan Seni UUM (Foto ist.)
        Batik Taplak Panji-Sekartaji tersebut dari kain primissima yang diproses dengan menggunakan teknik batik cap. Taplak meja ini berukuran 1x1 meter yang bermotif tumpal terubus tombak-tombakan di atas motif pilin segi empat dan di tengahnya terdapat motif topeng Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji. Batik ini merupakan hasil pengabdian masyarakat bagi perempuan di Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang tahun 2023.
        Motif kain batik berbentuk taplak ini dikembangkan dari seni pertunjukan wayang topeng Malang yang tersebar diberbagai desa di Kabupaten Malang Jawa Timur. Diangkatnya motif topeng ini untuk memberikan penguatan bagi wayang topeng, sehingga dikenal lebih luas dalam lingkungan masyarakat di Malang Jawa Timur.
Batik Taplak Panji Sekartaji di bawa ke Pusat Budaya dan Seni (PBS) Universiti Utara Malaysia (UUM) untuk dipamerkan, bahkan sebagai contoh cindera hati bagi kolaborator penelitian di Universiti Utara Malaysia (UUM).
Batik Taplak meja yang kini semakin langka, diharapkan dapat menjadi salah satu karya seni yang dapat berkembang lebih luas. Setidaknya menjadi bagian yang dapat diangkat sebagai topik diskusi dalam pengembangan bentuk, teknik, dan estetika karya seni batik yang khas dari Kota Malang.
 
 
Reporter   : H. Gumelar
Editor       : S. Narwati

Posting Komentar untuk "Batik Taplak Panji-Sekartaji di Pamerkan di Pusat Budaya dan Seni (PBS) Universiti Utara Malaysia (UUM)"