Pasar Ikan Hias di Splendid Kota Malang: Semakin Ramai ?

        Damariotimes. Pasar ikan hias yang bersebelahan dengan pasar Burung di Splendid, sebuah wilayah di tepi sungai Brantas yang melintas Jl. Brawijaya, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Lokasi sebagai lingkungan pasar burung dan ikan hias ini sekitar tahun 1980-an, sungguhpun lingkungan bangunan tua di Splendid inn samping Balai Kota Malang ini telah ada sejak pemerintahan kolonial Belanda.
Pemandangan lokasi jalan masuk ke kios-kios ikan hias di pasar Splendid (Foto ist.)
        Pasar burung dan satwa di Splendid ini tumbuh sebagai tempat pemburuan para penggemar satwa dan pencinta ikan hias, termasuk anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya setelah pandemi Covid-19 mulai mereda. Para pedagang ikan hias terus berbenah menyongsong penggemarnya menata perekonomian.
Anak kecil pasti tertarik menyaksikan ikan hias yang berwarna-warni (foto ist.)
        Jika diperhatikan, dari hari-ke hari penggemar ikan hias mulai meningkat, hal ini diindikasikan adanya beberapa faktor, yaitu:
Keberagaman Jenis Ikan Hias
        Salah satu alasan, kenapa terjadi peningkatan penjualan ikan hias di Pasar Splendid yaitu dapat diperhatikan dari jenis ikan yang ditawarkan, utamanya ikan-ikan yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau, seperti jenis ikan koi yang berwarna-warni. Pengunjung dapat menentukan berbagai spesies dan warna ikan yang memang sangat menarik, terutama bagi anak-anak. Dapat dipastikan, jika mereka di ajak menyaksikan koleksi ikan hias di pasar Splendid, pasti mereka akan meminta untuk dibelikan.
Harga yang Terjangkau
        Konsumen ikan hias di pasar Splendid ini tidak hanya melayani penghobi, akan tetapi berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan keluarga muda yang mempunyai rumah baru, mereka ingin menghiasi ruang tamu mereka dengan pemandangan yang segar dan menarik. Jika dibandingkan dengan penjualan ikan hias di toko-toko. Ikan hias di pasar Splendid ini relatif ramah dikantong, sungguhpun untuk membeli ikan hias tidak hanya membeli ikan, akan tetapi juga membeli perlengkapan yang lainnya. Akan tetapi tidak membuat kantong jebol.
Komunitas Penggemar Ikan Hias
        Jika diperhatikan, setiap hari yang datang memang tidak hanya konsumen baru. Akan tetapi ada penggemar yang beberapa waktu selalu berkunjung dan bertemu dengan penggemar lain. Jika tidak demikian, mereka akan berdiskusi sambil ngopi. Atau mengamati jenis-jenis ikan yang di display di berbagai jenis akuarium. 
 
 
Reporter    : H. Gumelar
Editor        : Muhammad Afaf Hasyimy

 

Posting Komentar untuk "Pasar Ikan Hias di Splendid Kota Malang: Semakin Ramai ?"