Muhammad Sirojul Muniir, Mhs PSTM Konsentrasi Drama Observasi Ke Iman Soleh Di Komunitas Celah-Celah Langit Bandung

Di Komunitas Celah-Celah Langit ‘Ririwa’ Bandung (foto ist.)
              DAMARIOTIMES - Langkah semangat menuju ke Bandung sudah beberapa minggu yang lalu, pikiran yang terlukis di benah ini. Keinginan bertemua dengan Pak Iman Soleh, seorang penyair dari Bandung. Observasi pada komunitas pak Iman Soleh sudah mantap. Bahkan salah satu puisi beliau telah diajukan  sebagai subjek penelitian untuk menyelesasikan studi Pada Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) konsentrasi Drama.

            Dengan tekat yang bulat, ternyata ada rejeki mendapatkan tiket kereta Malabar pulang-balik. Maka hari kamis malam, tgl 14 Oktober 2021 meluncur dari Malang menjelang petang. Perjalanan terasa ringan, karena pikiran dan perasaan sudah sampai di lingkungan komunitas Pak Iman Soleh. Sungguhpun kereta ada kendala, kedatangan di Bandung terlambat. Sehingga dapat menapaki Bandung, sebuah kota yang bersejarah karena pernah menjadi lautan api di masa perang kemerdekaan Republik Indonesia.

            Seharian di tempat yang eksotik itu sungguh mengispirasi, mata semakin tak tertahan menyusuri setiap sudut-sudut yang mistrius. Tempat ini dramatis sekali, sudah terasa sekali denyut-denyut dramatisnya. Rumah bambu yang dibentuk kreatif, arena terbuka untuk penampilan pertunjukan tampak bersih, disudut-sudut lokasi tampak bangunan yang dikanan kiri ditumbuhi tanaman, pohon-pohon besar tegak.


            Pak Iman Soleh salah satu seniman teater di Bandung yang mengelola Di Komunitas Celah-Celah Langit Bandung. Lokasi tempat kreativitas seniman teater ini ada di Jl. Dr. Setiabudi Gg. Bapak Eni No.8/169A, Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40143

Salah satu rumah bamboo yang menambah energi ke diaman kang Imam (foto ist.)

           Hari kedua berlalu dengan rasa kagum yang masih tidak tertahankan, waktu demi waktu tampak sangat cepat. Perasaan ingin tahu tentang sesuatu yang sungguh sangat amat luas. Entah akan mulai dari mana, semuanya sungguh menyejukkan. Perbincangan dengan Pak Iman Soleh semakin hangat dan memperoleh banyak pengetahuan yang benar-benar mendalam.

Perbincangan hangat dengan P. Imam Soleh (foto ist.)

            Pak Iman Soleh yang akrap dipanggil kang iman, ramah dan tegas. Pria berpanampilan eksotik keetnikan ini banyak menceritakan tentang pengalamannya sebagai orang teater. Tampak dari penjelasan yang mendalam tentang dunia kepenyairan menunjukan telah banyak melahap buku-buku seni pertunjukan, namun tidak kalah hebatnya adalah pengalamannya sebagai seniman.

            Selama perbincangan hangat di kediaman kan Iman, benar-benar terasa ada pencerahan dalam menapak profesi menjadi seniman dan guru seni. Keduanya benar-benar dimiliki oleh kang Imam yang memiliki semangat dan energi estetik yang sangat luar biasa.

Observasi di tempat kang Iman Di Komunitas Celah-Celah Langit di Paris van Jawa Bandung. Bersama dinginnya udara yang bersih dan menyejukan. Pikiran terus terlontar jauh menerawang di berbagai sudut lokasi di tempat berkumpulnya seniman-seniman seni pertunjukan kota ini. Baru beberapa waktu, ikatan batin mulai merajut emosional yang mendalam, kata demi kata dari perbincangan kami masih terekam dalam smatphone yang menjadi data penting penelitian ini. 

 

 

Kontributor     : Muhammad Sirojul Muniir
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Muhammad Sirojul Muniir, Mhs PSTM Konsentrasi Drama Observasi Ke Iman Soleh Di Komunitas Celah-Celah Langit Bandung"