Tari Oglek Tempe Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Pstm Fs Um Di Luncurkan Pada Festival Kuliner Tempe Kampung Sanan

Sembilan penari yang menampilkan tari Oglek Tempe yang pertama kali (Foto Ist.)
            DAMARIOTIMES - Tari Oglek Tempe, tarian ini khusus di rancang sebagai kegiatan pengabdian dosen Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Tarian ini dimaksudkan sebagai tari penyambutan bagi para wisatawan yang datang secara berombongan ke kampung Sanan, kelurahan Purwantoro, Kota Malang. Pada sambutannya, Dra. E Wara Suprihatin, DP. M.Pd. ketua tim pengabdian LP2M UM mengemukakan, bahwa tari Oglek Tempe ini merupakan tarian yang secara khusus disiapkan sebagai tour guide Sanan Kuliner untuk kampung wisata kuliner di Sanan. Dan merupakan satu-satunya tarian penyambutan khas yang dimiliki oleh kampung wisata di kota Malang.

            Anggota tim Pengabdian Masyarakat LP2M UM yang terdiri dari Ika Wahayu Widyawati, M.Pd., dan Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dan Drs Sumarwahyudi, M.Sn., serta mahasiswa yang terdiri dari Deka, Annisa sebagai koreografer, dan Wahyu penata iringan.

Tim menyiapkan koreografi Oglek Tempe sejak bulan Maret 2021, dan sempat terkendala oleh PPKM Darurat di bulan Juli-Agustus, sehingga praktis proses untuk mengajar para warga kampung Sanan hanya kurang lebih 1 bulan.

Dra. EW. Suprihatin Dp., M.Pd. (tengah memegang mc) ketika memberikan sumbutan dan menyerahkan tari Oglek Tempe ke masyarakat untuk dapat dikembangkan (foto. Ist.)
            Berkat kesigapan ketua RW 15, Bpk. Irvan Kuncara dan Ibu Trinil yang bekerja keras mengkoordinir para wanita di RW 15 agar semangat berlatih menari,  mengingat fokus Pengabdian Masyarakat ini memang diarahkan pada pemberdayaan Wanita. Para penari tersebut hampir 90% belum pernah belajar menari, tetapin dengan Latihan yang intensif mereka bisa menarikan tarian dengan bagus. Ketua Tim Peneliti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua warga di Kampung Sanan, bahwa Pengabdian yang berjudul: Pemberdayaan Kampung Sanan melalui Tari Oglek Tempe untuk Mendukung Cultere Beses Villede Tourism sudah terlaksana dengan baik.

            Ternyata berkat dukungan semua pihak, tampilan tari Oglek Tempe berhasil digelar secara meriah, bahkan pada acara tersebut dihadiri wakil dari KOMINFO pusat Bp Zaky.dan juga anggota DPR Kota Malang, serta lurah Purwantoro Bp Moch Zainur Ridho, semuanya merasa gembira dan puas, Dimungkinkan potensi warga kampung sanan yang sangat besar ini dapat membawa kampung tematik ini mampu melaju dalam kompetisi kampung tematik tingkat nasional. Karena mampu mengakomodasi berbagai dukungan instansi, dalam hal ini tim pengabdian Kepada Masyarakat LP2M Universitas Negeri Malang.

            Gelar Tari Oglek Tempe yang memiliki misi edukatif dan memiliki landasan filosofis tentang kesadaran tertinggi sebagai manusia, yaitu tarian yang dibawakan oleh 9 orang penari wanita sebagai babahan hawa sanga (Sembilan lubang dalam tubuh manusia) sebagai simbolisasi pengingat kepada manusia, bahwa memerlukan kesadaran untuk menjaga  9 lubang hawa nafsu (menutup) agar tetap berada di jalan Allah. Ini merupakan edukasi moralitas yang ditujukan pada semua orang yang ada di Kampung Sanan atau para wisatawan. Sehingga moralitas tertinggi adalah kemampuan mengendalikan hawa nafsu.

            Secara teknis, tarian ini dikonstruksi dengan mengembangkan gerak-gerakan hasil eksplorasi maryarakat dalam proses pengolahan kedele hingga menghasilkan berbagai olahan-  olahan produk tempe.  Sehingga penggambaran dramatik dan interaktif penari diakhir tarian adalah membagikan produk tempe kepara pengunjung,tampak sangat meriah.

            Dengan keberhasilan ini, para warga, dan khususnya penari yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini dapat melepas nafas lega, demikian juga para tim pengabdian masyarakat UM yang sudah mengakhiri kegiatannya pada festival Kuliner Tempe Sanan, Minggu tgl 17 Oktobe 2021.


Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Affaf Hasimy

 

Posting Komentar untuk "Tari Oglek Tempe Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Pstm Fs Um Di Luncurkan Pada Festival Kuliner Tempe Kampung Sanan"