Dosen-Seniman Keguruan Seni Rupa JSD FS Universitas Negeri Malang Berbakti dengan Energi Artistik Menciptakan Pintu Gerbang Bumi Perkemahan Desa Wisata Selorejo

Dr. Ponimin, M.Hum berserta tim kreatif di depan gerbang Bumi Perkemahan Desa Wisata Selorejo (Foto Ist.)

 

DAMARIOTIMES - Objek Wisata Bumi Perkemahan Bedengan yang berada ditepian hutan lereng Timur Gunung Kawi Kabupaten Malang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pengembangan desa wisata Selorejo Dau Malang.

Pada kesempatan ini, terkait dengan Dies Natalis UM ke 67 salah satu kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu memberikan penekanan dengan memberikan penguatan elemen artistik di kawasan wisata desa Selorejo Dau Malang yang ditopang eco-culture.

Kawasan wisata tersebut dikelola oleh tim wisata desa dengan memanfaatkan lahan tepian hutan yang masih asri dan alami. serta lingkungan alam pertanian buah jeruk, sayuran dan agri bisnis lainnya berada dilahan perbukitan. Kawasan ini merupakan lingkungan yang potensial dan memiliki prospek ekonomi tinggi, demikian menjelaskan yang diberikan oleh dosen-seniman dari Keguruan Seni Rupa (KSR) Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Kawasan wisata perkemahan   berada di tepian hulu sungai Metro dengan aliran air yang masih jernih. Tempat yang sangat eksotik  diantara bebatuan yang berada di sungai tersebut. Hal ini menjadi daya tarik masyarakat yang mengunjungi kawasan yang masih tergolong belum digarap secara artistik.

 

Proses kerja Kreatif mahasiswa Keguruan Seni Rupa (Foto ist.)
  

Dosen Seniman; Dr. Ponimin M.Hum ketua  tim Program pengabdian Masyarakat Desa mitra wilayah binaan kampus Universitas Negeri Malang (LP2M UM). Kegiatan ini merupakan bagian  dari kegiatan kreatif kolaboratif yang dilakukan bersama mitra sasaran masyarakat pengelola desa wisata desa wisata Selorejo Dau Malang pada tahun 2021.

Kegiatan kreatif tersebut selain berguna untuk memecahkan permasalahan yang dibutuhkan masyarakat, juga bertujuan untuk memperluas pengalaman akademik berbasis kreatif, dan juga  bermanfaat  dalam membantu masyarakat dalam memperkuat hal-hal artistik iconik desa yang dirancang sebagai destinasi wisata. Melalui perancangan dan penciptaan arsitektur gapura (gerbang) kawasan wisata setempat pada tahun 2021 dimungkinkan akan mengawali untuk merancang penguatan tujuan wisata yang masih asri dan eksotik ini.

 

Hasil Karya kreatif Dr. Ponimin, M.Hum dan mahasiswa KSR UM (Foto Ist.)


Rancangan arsitektur gapura ini dengan mengembangkan ide yang digali dari ide bentuk visual tentang lingkungan alam tumbuhan dalam bentuk pohon dan ornamen ornamen tumbuhan yang distilasi secara dekoratif.

Bahan yang digunakan adalah bahan yang tahan terhadap cuaca di lingkungan setempat, yakni adonan pasir dan semen. Adapun konstruksi menggunakan rangkaian rakitan besi  beton dan besi siku. 

Pada kegiatan ini, Dosen dan juga mahasiswa S2 KSR UM guna menumbuhkan pengalaman mereka pada masyarakat, sebagai contohnya pada desa wisata Selorejo Dau  ini. Mudah-mudahan yang telah diperbuat oleh Dosen S2 KSR UM,  melalui kerja kreatif kolaboratif ini mampu memberikan manfaat pada masyarakat sasaran program. Selain itu juga turut mendekatkan kalangan akademisi  UM dengan masyarakat melalui penerapan IPTEK dan seni.



 

Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Dosen-Seniman Keguruan Seni Rupa JSD FS Universitas Negeri Malang Berbakti dengan Energi Artistik Menciptakan Pintu Gerbang Bumi Perkemahan Desa Wisata Selorejo"