Menari di Ajang Pertemuan Duta Besar Se-Asean

 


 

            DAMARIOTIMES - Pada bulan April ,tepatnya pada tanggal 22 April 2019 ,dilaksanakan sebuah pertemuan duta besar Se-Asean di Pendopo Ronggo Hadi Negoro ,Kabupaten Blitar,Jawa Timur. Acara tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan regional antar negara-negara di Asean.Dan alasan mengapa pemihan tempat di Kabupaten Blitar,karena Blitar merupakan tempat di persemayamkannya Presiden Republik Indonesia pertama yaitu Ir. Soekarno atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Bung Karno. Dalam acara ini,saya dan kelima teman saya yang tergabung dalam satu organisasi kesenian di Kabupaten Blitar yaitu Sanggar Tari Pendopo Ronggo Hadi Negoro ,terpilih untuk menjadi penari dalam pembukaan acara tersebut. Dalam acara ini kami menyuguhkan tarian yang biasa digunakan untuk penyambutan tamu yaitu Tari Mubeng Blitar.

            Tari Mubeng Blitar adalah sebuah tarian karya Novyta Mijil Purwana Is pada tahun 2007.Novyta Mijil sendiri,merupakan seorang koreographer sekaligus pelatih tari di Sanggar Tari Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar dibawah naungan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar,Jawa Timur.Tujuan di ciptakannya tarian ini,yaitu untuk menguatkan lagu “Mubeng Blitar” yang dibuat oleh Bapak Bupati Blitar kala itu ,yakni Bapak Drs.H.Rijanto, MM. Tarian ini kerap kali di gunakan untuk pembukaan sebuah acara atau untuk penyambutan tamu. Tari Mubeng Blitar menceritakan tentang berbagai macam destinasi wisata yang terdapat di kabupaten Blitar,Jawa Timur.Hal itu dapat diketahui dari lirik lagu tari “Mubeng Blitar “ tersebut.Beberapa destinasi wisata yang dijelaskan dalam lagu tari “Mubeng Blitar” diantaranya yaitu Makam Bung Karno,Pemandian Sumber Udel,Candi Penataran,Gong Kyai Mbah Pradah,Pantai Serang,Pantai Tambak Rejo,Pantai Jolo Sutro,Pelelangan Ikan Selorejo,Rambut Monte dan Gua Embulthuk.Dari sini dapat disimpulkan bahwa pemihan tari untuk acara ini yaitu tari Mubeng Blitar adalah sekaligus untuk promosi wisata Kabupaten Blitar agar kedepannya destinasi wisata di Kabupaten Blitar dapat lebih berkembang dan dapat dikenal lebih luas lagi,sehingga hal itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Blitar,Jawa Timur.

            Sungguh pengalaman yang luar biasa dan tak akan terlupakan bisa terpilih menjadi penari dalam acara tersebut dan dapat menampilkan tarian kebanggaan masyarakat Blitar di Ajang Internasional tersebut.Hal ini sungguh membuat kami para penari terharu sekaligus bangga karena telah mendapat kepercayaan dari Kabupaten Blitar.Atas kesempatan dan kepercayaan dari Kabupaten Blitar terhadap kami,tentu kami juga berusaha untuk menampilkan yang semaksimal mungkin.

 

Reporter          : Widowati Asmaraningwulan Purbaningrum
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Menari di Ajang Pertemuan Duta Besar Se-Asean"