Upacara Pra Paskah Di Kota Warsawa Polandia

DAMARIOTIMES - Pagi itu sekitar pukul 10.00 waktu Polandia, sudah banyak masyarakat berkumpul di tengah kota Warsawa. Mereka berduyun-duyun menuju halaman balai kota dengan berbagai macam atribut Gereja mereka masing-masing untuk mengikuti arak-arakan tiga hari sebelum Paskah. Arak-arakan yang rutin diselenggarakan setiap tahun dan pelaksanaannya dilakukan tiga hari menjelang Paskah.


Penulis ketika menyaksikan arak-arakan Pra Paskah (Foto: Ist) 

Upacara ritual umat Katolik di Polandia menjelang Paskah seperti carnaval seni pertunjukan. Peserta  yang terlibat hampir semua warga Gereja Katolik di Warsawa dan     sekitarnya.

Umat Katolik dari berbagai Gereja di Polandia memenuhi halaman balai kota  Warsawa. Mereka berbaris berkelompok dan akan berjalan menyusuri jalan-jalan protokol di kota Warsawa kurang lebih 7-8 km.

Dari halaman balai kota menuju Gereja terbesar, mereka menyusuri sepanjang jalan protokol dengan melewati 7 pos atau tempat pemberhentian sejenak untuk  melakukan doa. Tujuan akhir arak-arakan ke depan Gereja Terbesar di kota Warsawa

Panitia pelaksana menyiapkan panggung kecil berukuran 4x6 meter, sebagai tempat pemberhentian. Di tempat itu pemimpin doa disertai oleh para penatua, serta diakon.

Sebuah pemandangan yang luar biasa. Event akbar yang tidak pernah terbayangkan, bagaikan mimpi indah. Menakjubkan sekali, peserta arak-arakan tidak hanya orang muda, bahkan  juga orang-orang lanjut usiapun, yaitu orang-orang yang sangat  dihormati oleh para kaum muda dewasa menengah di Warsawa.

Nampak sepanjang perjalanan, orang-orang tua sangat berwibawa, anggun, santun, dan berkarisma. Hal itu yang menambah suasana arak-arakan menjadi sakral. Terlebih, pelaksanaan  dilakukan pada pagi hingga siang hari, suasananya sangat hikmat.



Arak-arakan panjang depan balai kota (Foto: Ist) 


Arak-arakan cukup panjang itu diikuti ribuan orang, tidak hanya peserta arak-arakan saja. Masyarakat pendukungnya juga menyaksikan di pinggiran trotoar jalan. Serba-serbi kostum dan atribut yang dibawa oleh masing-masing kelompok sungguh merupakan seni pertunjukan yang unik.

Para peserta arak-arakan tampilkan di sepanjang jalan tidak hanya sekedar mengikuti, tetapi memiliki pertimbangan tentang desain, warna, properti, kerapian dan sebagainya. Dengan rapi dan teratur mereka mengikuti upacara. Maksudnya hakekatnya meneladan kisah sengsara Tuhan Yesus pada waktu menuju Salib kematian.


Penulis (bertopi) mengikuti sepanjang arak-arakan (Foto: Ist) 


Sungguh pengalaman yang luar biasa, ketika mendapatkan event yang tidak pernah terbayangkan, bahkan mimpi pun tidak. Menakjubkan sekali bahwa peserta arak-arakan tidak hanya usia muda menengah tetapi orang-orang lanjut usiapun juga terlibat, bahkan mereka sangat dihormati oleh para kaum muda dewasa menengah. Nampak dalam perjalanan itu orang-orang tua sangat berwibawa, anggun, santun, dan berkarisma. Hal itu yang menambah suasana arak-arakan menjadi sakral meski dilakukan pada pagi hingga siang hari.



Kontributor     : Gandung Djatmiko 
Editor              : Robby Hidajat



Posting Komentar untuk "Upacara Pra Paskah Di Kota Warsawa Polandia"