Dolanan Anak-Anak dalam Tampilan Tari Entertainment

        Damariotimes. Malang 5 November 2023. Singhasari Travel Fair 2023. Salah satu event adalah lomba tari anak. "lomba dolanan anak" jenis tarian tarian dolanan ini marak di Jawa timur sekitar akhir tahun 1970an. Para koreografer nasional seperti Bagong Kussudiarjo dan Wisnuwahana juga menciptakan tari anak, atau tari dolanan. Bahkan sudah ada forum seminar yg mengangkat topik tari anak atau tari dolanan.
Tari dolanan yang entertainment (foto ist.)
        Pada saat itu tampaknya tidak terjadi kesepakatan dan banyak pertimbangan anak ditampilkan di atas pentas sebagai hiburan, selain antara materi tari yg dipertanyakan berpengaruh terhadap perkembangan  mentalitas anak. 
        Namun tampilan 40 peserta tari anak yang diselenggarakan oleh Singhasari travel Fair sudah berkembang jauh meninggalkan perdebatan di tahun 1980an. Bahkan pelatih atau orang tua sengaja mendesain kostum yang glamor, atau berorientasi pada jenis kostum kerajaan, langkah maju yg mengemas tari, entertainment, dan mewakili zaman generasi Z juga muncul.  Koordinator penyelenggara lomba, Ki Demang dari Kampung Budaya Polowijen Malang Mengemukakan bahwa lomba ini menjadi penting  dikarenakan hakekat anak-anak itu adalah bermain.
 
 
Reporter     : R. Hidajat
Editor         : Muhammad Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Dolanan Anak-Anak dalam Tampilan Tari Entertainment"