Bisakah Anda Menahannya, Tgl 26 Nopember Adalah Hari Tanpa Belanja

Ilustrasi belanja online(shutterstock)
             DAMARIOTIMES - Berbagai hari yang diperingati oleh orang secara internasional, sungguhpun kadang tidak pernah terlintas, bahwa ada hari yang unik dan aneh untuk diperingati. Namun semua hari yang telah ditetapkan secara nasional itu ada alasa-alasan tertentu. Seperti halnya pada tanggal 26 Nopember adalah ditetapkan sebagai ‘hari tanpa belanja’. Hal ini tentunya sangat unik, apa sebenarnya yang melatar belakanginya.

            Hari tanpa belanja pertama kali digagas oleh Ted Deve, seorang seniman yang berasal dari Vancouver, Kanada.  Gagasan seniman itu dipromosikan oleh sebuah majalah bernama Adbuster Kanada pada tahun 1992. 

            Tujuan memperingati hari tanpa belanja ini adalah untuk melawan budaya hedonism atau kebiasaan orang-orang kaya membeli produk atau barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Sehingga belanja untuk menunjukan kebutuhan prestis dan ketidak sadarannya membeli berbagai barang yang mewah. Hal ini benar-benar merupakan suatu momentum yang bersifat humanism, karena ada dorongan untuk bersama-sama mengingatkan ‘bahayanya konsumerisme’ pada pulbik serta menghimbau orang agar berpartisipasi untuk tidak membeli barang yang tanpa dilandasi kebutuhan.

            Ide itu menganjurkan bagi orang seluruh dunia untuk menahan tidak ‘belanja’ barang yang tidak mereka butuhkan selama 1 hari. Ini merupakan suatu ritual yang dapat dilakukan oleh orang-orang kaya untuk menyadari dan mampu merefleksikan diri.

            Peringatan hari tanpa belanja untuk di Indonesia disepakati pada hari Sabtu pada minggu terakhir bulan November. Untuk tahun ini jatuh pada tanggal 26 Novermber 2021. Penetapan ini dilandasi, bahwa hari sabtu itu merupakan waktu yang digunakan untuk belanja.

            Memang hari tanpa belanja ini tidak memberikan tampak tidak memberikan dampak langsung, namun jika hari tanpa belanja ini memang dapat direfleksikan dan dihayati esensi spiritual maka dimungkinkan akan dapat mengendalikan budaya komsumerisme bagi masyarakat, karena budaya ini ditengarai sudah menjangkiti generasi muda. Mereka tanpa memikirkan masa depan dan kebutuhan yang benar-benar menjadi prioritas. Bahkan dapat menjadi orang mudah untuk menggunakan kartu kredit, dan atau meminjam uang berbunga tanpa memperhitungkan akibatnya.



Penulis             : Harda Gumelar
Editor               : Robby Hidajat

Posting Komentar untuk "Bisakah Anda Menahannya, Tgl 26 Nopember Adalah Hari Tanpa Belanja"