Dr. Ponimin, M.Hum. Luncurkan Karya Kramik berjudul “KALA MURKA BAWANA” Pada Pameran Virtual Wana-Rupa-Nusantara di ISI Denpasar Bali

Dr. Ponimin, M.Hum. sedang melakukan proses kreatif di Studio Keramik Nusantara.

            DAMARIOTIMES - Dr. Ponimin, M.Hum. keramikus dari Kota Malang yang getol mengangkat sumber-sumber dari mitologi tradisional. Mengingat sumber foklorik tersebut dipandang memiliki nilai-nilai lokal yang mampu mengedukasi masyarakat secara luas.

            Pada tanggal 20 Oktober 2021 ISI Denpasar Bali yang menyelenggarakan pameran virtual dengan topik Wana-Rupa-Nusantara. Hal ini merupakan suatu upaya mendorong dan memotivasi seniman atau perupa dan atau desainer agar tetap memiliki gairah untuk mencipta karya kreatif. Dari sejumlah perupa tanah air, salah satunya yang menampilkan karya terbaru adalah Dr. Ponimin, M.Hum, Pada kesempatan ini menampilkan karya dengan konsep “KALA MURKA BAWANA”.

Dr. Ponimin, M.Hum. mengemukakan bahwa: Manusia dilahirkan di jagat semesta disertai akal, rasa, dan kemampuan untuk beraksi yang didorong energi positif dan negatif. Jagad semesta dengan segala isinya hasil kreatif dari Tuhan yang Maha Kreatif, semestinya dirawat dan dicintai manusia sebagai makhluk yang paling berakal dan berasa, untuk keberlanjutan kehidupan mereka dan penghuni yang lainnya.

KALA MURKA BAWANA” karya keramik Dr. Ponimin, M.Hum.

Tetapi yang banyak terpamerkan adalah dominasi energi negatif dengan segala keserakahannya telah membawa jagad semesta kepada malapetaka. Energi “Kala Murka Bawana” (energi negatif yang membawa kehancuran jagad semesta) terkadang mendominasi kehidupan diri kita.  Sebagai manusia, energi yang mencelakakan itu harus kita lawan dengan energi positif kita (energi “Memayu Hayuning Bawono Nuswantoro” = spirit kehidupan yang membawa kepada alam Nusantara agar tetap indah untuk kehidupan). Sehingga mampu  memanusiawikan jagad semesta ini agar lebih manusiawi untuk diri  kita dan anak generasi, serta penghuni lainnya.

Keramik relief yang dikreasi dari tanah liat lokal Malang dengan teknik pijitan dan pilinan tangan langsung ini untuk merepresentasikan fenomena tersebut, terwujud secara ornamentik. Tampilan visual ditopang melalui unsur-unsur bentuk, yang terdiri kepala kala sedang seolah-olah akan menelan isi alam. Isi alam diwakili figur manusia dan anak burung sedang menetas dalam sarang diantara tanaman yang terbakar liar.

Dosen Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra yang mengajar pada program Magister Keguruan Seni Rupa ini aktif mengikuti pameran didalam dan Luar negeri. Hal ini dikarenakan oleh keyakinannya, bahwa di Indonesia memiliki banyak kekayaan sejarah, foklor, dan mitos-mitos yang dapat digali nilai-nilai edukasinya. Sehingga karya kreatifnya menjadi bahan ajar bagi mahasiswa di Universitas Negeri Malang.

 

Reporter          : Harda Gumelar
Editor : Muhammad Afaf Hasy
imy

Posting Komentar untuk "Dr. Ponimin, M.Hum. Luncurkan Karya Kramik berjudul “KALA MURKA BAWANA” Pada Pameran Virtual Wana-Rupa-Nusantara di ISI Denpasar Bali"