Tari Sekar Jagat Meramaikan Acara HUT SMA Negeri 1 Sumberpucung

DAMARIOTIMES - Tari Sekar Jagat yang berasal dari Pulau Bali mungkin masih asing didengar oleh telinga masyarakat Jawa. Kebanyakan masyarakat Jawa hanya mengenal Tari Kecak dan Tari Pendhet saja. Padahal pada kenyataannya Tari Sekar Jagat pernah ditampilkan di daerah Jawa Timur tepatnya di SMA Negeri 1 Sumberpucung, Kabupaten Malang untuk ikut meramaikan acara Hari Ulang Tahun sekolah yang diadakan pada setiap tahun. Tari sekar jagat ditampilkan oleh penari wanita. Tarian ini dijadikan sebagai tari penyambutan oleh masyarakat Bali. Gerakan-gerakan pada Tari Sekar Jagat memperlihatkan bagaimana cara penari menyambut para tamu dengan penuh kegembiraan. Gerakan pada Tari Sekar Jagat terlihat tegas dan sangat energik. Para penari Sekar Jagat membawa sebuah properti yaitu bokor yang diisi dengan bunga-bunga.




            Dalam segi penampilan tentunya harus menarik perhatian penonton termasuk dari kostum yang dipakai. Pada saat penampilan HUT tersebut, kostum yang dipakai yaitu tapih berwarna kuning emas khas Bali, dibaluti dengan kain berwarna hijau emas dengan sabuk berwarna hitam emas. Terdapat juga hiasan leher berwarna merah dengan bentuk ornamen yang sangat indah. Tak lupa juga ditambahkan pending prada Jepang yang membuat kostum menjadi lebih menarik. Untuk menambah kesan yang mewah ditambahkan hiasan kepala dengan bentuk yang unik berwarna emas serta dilengkapi dengan rambut panjang berwarna hitam. Aksesoris yang dipakai pada Tari Sekar Jagat yaitu gelang dan anting yang bertujuan untuk menambah kesan kecantikan.

Pemilihan kostum warna hijau dan kuning emas serta aksesoris yang digunakan pada Tari Sekar Jagat sudah dikatakan cocok dan sesuai. Tak lupa juga tata rias yang digunakan dalam pertunjukan seni tari Bali memiliki pakem tersendiri. Untuk memberikan kesan yang dramatis, penari menggunakan eye shadow berwarna merah, kuning, dan biru yang khas dengan make up Bali pada umumnya. Dalam segi tata busana dan tata rias sudah dikatakan pantas untuk ditampilkan di acara HUT sekolah tersebut karena terlihat mewah dan menawan dengan khas Bali yang kental sehingga dapat memukau bagi siapa saja yang melihatnya.

 

Reporter         : Puspita Nur Cahyaningrum
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Tari Sekar Jagat Meramaikan Acara HUT SMA Negeri 1 Sumberpucung"