Sholat Idul Adha Di California USA Di Masa Pandemi Covid-19

                 DAMARIOTIMES - Di masa pandemi COVID-19 ini memang sangat menghantam berbagai sendi kehidupan, tidak hanya aspek perekonomian, namun juga kesempatan untuk menjalankan ibadah. Seperti yang dialami oleh saudara-saudara umat muslim di California USA pada saat menjalankan ibadah sholat Idul Adha 1443 Hijriah.


Situasi Sholat Idul Adha Di California USA Di Masa Pandemi Covid-19 (Foto: Rose)

                Pengumuman resmi dari KJRI Los Angeles, yang berisi: Selama mengikuti sholat Idul Adha, Para jamaah diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang ada, seperti (1) membawa sajadah dan perlengkapan sholat, (2) sudah berwudhu dari rumah masing-masing, (3) KJRI Los Angeles tidak melaksanakan silaturahmi setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, (4) Bagi jamaah sholat Idul Adha diharapkan sudah mendapatkan vaksin COVID-19 secara lengkap, dan (5) seluruh jamaah diwajibkan menggunakan makser dan menjaga jarak selama berada di area tempat ibadah.

Setiap komunitas pengajian di California USA diputuskan untuk mengadakan Sholat Idul Adha di masing-masing komunitas. Salah satu komunitas pengajian Nusantara Muslim California (NMC) dengan ketua pengajian bapak Adi. Reporter Damariotime mendapatkan informasi, bahwa tahun ini masih belum dapat terbebas dari pandemi COVID-19. Namun semua itu tetap dijalani dengan ikhlas dan penuh ketabahan, serta selalu memanjatkan doa, semoga pandemi ini cepat berakhir. Sehingga umat muslim di Amerika dapat merayakan seperti tahun 2019. Sholat Idul Adha di New Jersey. Hampir 100 ribu umat muslim di USA dapat melaksanakan sholat di lapangan bola kebanggan masyarakat New Jersey.

            Hari ini, takbir telah dilantunkan, tepat pukul 07.00 waktu setempat (California) mulai dipersiapkan, pelaksanaan sholat Idul Adha dilaksanakan tepat pukul 07.30. Sholat Idul Adha yang dipimpin oleh Khotib muda; Ustad Honest Qasidi Luluan Al Azhar. Dalam khutbahnya bertemakan “Meneladani sikap Nabi Ibrahim yang diterapkan dimasa pandemi” yaitu kesabaran. Khutbah yang menyejukan itu dapat memberikan penguatan dan mengajurkan para jamaah untuk tetap bersabar, berhati-hati, dan sebagai bentuk penguatan imam.

            Setelah sholat Idul Adha selesai, para jamaah telah disiapkan hidangan, mereka makan bersama dengan tradisi potluck. Semua hidangan yang tersaji dibawa oleh para jamaah yang diorganisir oleh pengurus. Walaupun ada di California, para muslim di sini masih tetap menghadirkan hidangan suasana Indonesia, tidak lupa menyantap lontong sayur, sate, dan minuman yang menyegarkan. Mereka tampak gembira, utamanya ibu-ibu yang tidak melewatkan foto bersama.

Ibu-Ibu Jamaah Sedang Foto Bersama Setelah Sholat Idul Adha (Foto: Rose) 

Kegembiraan para muslim yang tergabung dalam NMC tidak menyelenggarakan potong kurban seperti di Indonesia. Komunitas ini mengumpulkan dana dan mengirimkan ke masing-masing organisasi yang menyalurkan bantuan pada orang yang layak menerima, atau dikirim ke Indonesia melalui organisasi tertentu.

 

Kontribusi    : Rose
Reporter       : Harda Gumelar
Editor            : Muhammad ‘Afaf Hasyimy


Posting Komentar untuk "Sholat Idul Adha Di California USA Di Masa Pandemi Covid-19"