Seru, Evan Sanders Bikin Ketupat dan Bukber Di Kampung Budaya Polowijen

        Damariotimes. Malang, 22 Maret 2024. Sore itu Jumat di Kampung budaya Polowijen nampaknya berbeda dari biasanya. Warga berkumpul selain menunggu buka puasa bersama atau ngabuburit, ibu-ibu dan anak-anak juga sedang belajar membuat ketupat, wadah daun pisang dll.
Foto Bersama Setelah Kegiatan (Foto Ist.)

        Tiba-tiba KBP kedatangan artis pemeran dan penyanyi dari jakarta. Evan Sanders, yang sering dikenal dengan nama Stevanus Alexanders, adalah seorang aktor terkenal yang berperan sebagai Nino dalam serial Ikatan Cinta.
        Datang langsung dan tiba tiba ikut bergabung dengan ibu ibu yang sedang mengajari anak anak membuat ketupat di Kampung Budaya Polowijen. Sontak suasana menjadi ramai meriah . Maklum artis ganteng yang banyak di gandrungi ibu-ibu karena tiap malam wajahnya sering muncul di sinetron Ikatan Cinta. 

Belajar Membuat Ketupat (Foto Ist.)
        "Ibu, ajari aku buat ketupat dong, sering makan ketupat opor kare ayam, tapi gak pernah bikin dari janurnya". Rajuk evan ketika masuk di kerumunan ibu-ibu. Tentu suasana sore jadi pecah dan banyak yang ganti posisi sambil lalu lalang termasuk anak anak gadis yang sedang di ajari ibunya.
        Di Kampung budaya polowijen memang ada kegiatan hasta karya setelah ibu ibu dan anak anak belajar menari. Kegiatan ini rutin tiap Sabtu sore. Hanya saja karena ini bulan puasa maka kegiatan workshop hasta karya sekalian dijadikan ajang untuk bukber. Materi hasta karya seputar bagaimana membuat anyaman atau wadah atau hiasan tertentu yg semua dari bahan alam seperti daun pisang, janur, dll.
        "Selain hasta karya di KBP ini ada kerajinan topeng, latihan tari topeng, membatik, mocopat dan sinau budaya yang rutin tiap akhir pekan" terang Ki Demang Penggagas KBP kepada evan saat diajak keliling menyaksikan anak anak yang belajar menari.
        "Ini kebetulan ada workshop seni tari ke 3 tentang teknik kepenarian". Anak-anak dibekali tentang teknik kepenarian narasumbernya Winarto Ekram Owner Malang Dance penari senior dari Malang yang sudah melalang buana menari di Indonesia dan luar Negeri imbuh ki Demang
Evan tentu merasa senang bangga dan apresiasi kepada semua yg hadir di KBP sambil memberikan semangat "ibu-ibu adik-adik semua, saya bangga di Kota yang mungkin orang sibuk, kalian masih meluangkan waktu untuk menari, membuat kerajian seperti ini". Ini di tempat lain ngak ada. Kalo wisata yang kita liat itu tempatnya. Kalo di KBP ini kita lihat keunikan masyarakatnya seni budayanya.
        "Saya ini juga seniman, tapi seniman aktor, mungkin sama seperti pak Winarto yang guru tari ya" karenanya saya salut dan bangga buat adik adik ini mau menari. "Kelak kalian akam jadi orang hebat di dunia seni". Imbuh Evan yang debut karirnya mulai melejit saat duet dengan Melly Goeslaw dalam singel judul Tentang Dia.
        Saat tiba magrib dan bukber bersama dan mencicipi  makan khas KBP yaitu sego berkat, cenil dan minuman kelapa muda, Evan juga disuguhi tiga tariam tradisional khas Malang, yaitu Tari Beskalan, Tari Topeng Ragil Kuningm Tari Topeng Grebeg Sabrang. Selain itu Evan juga melihat  proses membuat topeng sebagai kerajiman khas KBP.


 

Reporter     : KD
Editor         : MAH

Posting Komentar untuk "Seru, Evan Sanders Bikin Ketupat dan Bukber Di Kampung Budaya Polowijen"