Tari Zapin Kementen Baru Tampil di Konferensi Indonesia and to the 20th AsiaTEFL – 68th TEFLIN – 5 th iNELTAL di Universitas Negeri Malang

Damariotimes. Pelaksanaan konferensi internasional Indonesia and to the 20th AsiaTEFL – 68th TEFLIN – 5 th iNELTAL di Universitas Negeri Malang pada tanggal 5-7. Konferensi internasional bahasa inggris ini diselenggarakan secara secara hybrid, namun sangat meriah.

Foto bersama Penari Zapin Pengantin Baru sebelum naik ke atas pentas (Foto ist.)
                Pelaksanaan Konferensi banyak diikuti oleh negara-negara Asia dan sekitarnya. Peserta yang terlibat dalam acara ilmiah internasional ini tidak kurang dari 861 penyaji makalah. Mereka untuk membangun sinergi dan menciptakan ruang bagi para peneliti dan praktisi untuk bertukar pengetahaun dan hasil penelitian, bahkan juga menciptakan jaringan antar sarjana atau kepentingan praktis lainnya.

                Tema yang diusung pada tahun 2022 di Universitas Negeri Malang ini adalah Hindsight, Insight, and Foresight in ELT in Multilingual Asia. Dukungan untuk menyemarakkan tema di atas pada gerakan potensi seni pertunjukan di Universitas Negeri Malang dengan menampilkan berbagai gaya tari etnik se-Indonesia. Salah satunya adalah tari Zapin Kemantin Baru hasil Penelitian I’MRC Sos-Hum yang diketuai oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. Instruktur tari Zapin Kemantin baru ini adalah Mutiara Ramadhani P.S. mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Departemen Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Penari yang terlibat adalah: Rahmat Fajar Maulana,  Asnan Rahfii,  Yolanda Deby,  Sindi Novita Dwi Anggraeni, dan  Yeni Fitrianingsih.

Penampilan tari Zapin Kemantin baru di Gedung Grahacakrawala UM (Foto ist.)

                Latihan untuk persiapan ini dilakukan kurang lebih 1 bulan dengan membuat komposisi 5 penari, yang tampil dengan rancak dan dinamis di depan para peneliti dan peserta konferensi pada tanggal 6 Agustus 2022 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

                Tema tarian ini adalah bersuka ria ungkapan dari mempelai yang ada di atas pelaminan, hal ini merupakan salah satu budaya yang berkembang di Indonesia. Sebuah pesta seperti Raja yang berada di singgahsana tahta kebesaran. Sinopsis tarian ini sebagai berikut: ZAPIN KEMANTIN BARU. Genre tari Zapin Kemantin Baru  ini merupakan ungkapan kegembiraan, siapa saja bagi mereka yang telah memenuhi kewajiban berumah tangga. Tentu sangat bahagia, oleh karena itu ungkapan kebahagiaan itu diekspresikan dengan gerakan yang penuh dengan suka ria, namun tetap dilandasi oleh rasa bersyukur pada Allah SWT, bahwa segala sesuatu yang telah dikaruniakanNya sesuatu yang terbaik bagi manusia. Selamat menyaksikan.

 


Reporter              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor                    : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Tari Zapin Kementen Baru Tampil di Konferensi Indonesia and to the 20th AsiaTEFL – 68th TEFLIN – 5 th iNELTAL di Universitas Negeri Malang"