PRODI DKV POLTEK HARBER TEGAL MEMACU DIRI BERSAMA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Damariotimes, Tegal 27 Juli 2022. Tim Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang (UM) berkunjung ke Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal. Tim Prodi DKV UM terdiri dari: Dr. Pujiyanto, M.Sn dan Drs. Sarjono, M.Sn yang didampingi oleh kreator Dennaya Cintya Danastri, S.Sn.,MBA serta mahasiswa S2 yaitu: Dian Triwulandari, Denny Hendrifika S, dan Ratna Tri Maharani. Kunjungan ini diterima oleh Wakil Direktur I Poltek Harber: apt. Heru Nurcahyo, S.Farm, M.Sc dan Wakil Direktur IV: Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom yang didampingi oleh Ahmad Ramdhani, S.Kom, M.Ds selaku ketua Program Studi dan beberapa dosen antara lain Robby Hardian, S.IP., M.Ds; Adi Kuntoro, M.Pd; Dessy Ratna Putry, S.Sn., M.Hum; dan Iin Indrayati, M.Pd. Kunjungan tim DKV UM merupakan kunjungan spontanitas disela-sela melakukan penelitian artefak makam Wali Gunung Jadi Cirebon sebagai program Penelitian IMRC Sosial Humaniora, kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Pada pertemuan singjat ini saling bertukar pengalaman dalam mengembangkan Program Studi DKV yang menjamur dan menjadi primadona bagi calon kreator di dunia industri kreatif.

Diskusi Tim Prodi DKV UM dengan DKV Poltek Harber
            Program S1 DKV UM yang berdiri sejak tahun 1997 sebagai Program Studi pertama di wilayah Indonesia Timur yang memiliki pengalaman dalam mengelola dan meluluskan hingga outcomesnya menjadi peneliti, desainer, dan wirausaha handal dibidang Desain Komunikasi Visual. Berbeda dengan Program Studi Diploma III DKV Poltek Harber Tegal yang masih muda mulai menyelenggarakan pendidikan pada tahun 2019/2020. Program Studi yang memiliki capaian pembelajaran: (1) Pengembangan Karakter dan Komunikasi mencakup mata kuliah dasar umum, komunikasi lisan dan tulisan sesuai aspek teknis maupun non teknis; (2) Fundamental Desain mencakup teori dasar desain (komposisi, gambar, konten dan meaning); (3) Graphic mencakup ilustrasi, komputer grafis, tipografi, dan warna; (4) Multimedia mencakup audio visual, desain web, animasi, video editing dan motion graphic; (5) Advertising mencakup semiotika, sign dan code, decoding dan encoding, persuasive; (6) Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mencakup identifikasi dan solusi desain, penciptaan karya dan implementasi proyek desain. Program Studi DKV Poltek Harber terus promosi dan memacu diri hingga pendaftar calon mahasiswa selalu meningkat meskipun kampus yang letaknya di wilayah Jawa Tengah di bagian barat.

Melalui diskusi yang harmonis ini lebih mengarah pada program mas Menteri yaitu Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang wajib dilakukan oleh semua Program Studi. Program Studi DKV Poltek Harber akan terus bekerjasama dengan perguruan tinggi yang lebih berpengalaman seperti DKV UM yang dapat dijadikan brandmarking untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan melalui program MBKM. Terjalinnya kerjasama tersebut mahasiswa di antara kampus memilih matakuliah yang ada di Program Studi lain yang hasilnya dapat ditransfer kredit atau ekuivalensi pada matakuliah yang ada di kampusnya. Disamping itu, melalui program MBKM dari mas Menteri diperlukan sarana dan prasarana untuk kegiatan mahasiswa sebagai wujud ekspresi kreatif-inovasi melalui program: (1) Magang/praktik kerja, (2) Proyek di desa, (3) Pertukaran pelajar, (4) Kegiatan wirausaha, (5) Studi/proyek independen, dan (6) Proyek kemanusiaan. Dalam beberapa program tersebut diperlukan pengakuan mahasiswa dalam pembelajaran pemecahan kasus (case method) berbasis proyek dalam program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” yang dikerjakan secara mandiri atau berkelompok.

Dr. Pujiyanto, M.Sn menyumbangkan bukunya kepada Prodi DKV Poltek Harber Tegal    

Lebih lanjut dalam diskusi para pemikir, menggagas, dan pelaku keilmuan DKV UM memberi masukan pada Poltek Harber Tegal tentang “Adaptasi MBKM dalam kurikulum DKV Harber”. Kurikulum diperlukan penentuan profil lulusannya akan menjadi apa, apakah menjadi desainer atau wirausaha, maka disusunlah Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL) berdasarkan kebijakan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 pada jenjang 5 yaitu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih berbagai metode, memformulasi penyelesaian masalah procedural. Berdasarkan SCPL untuk menghasilkan profil lulusan maka diperlukan keilmuan tertentu yang berisi bahan kajian untuk dikembangkan dalam matakuliah keahlian DKV. Bila memperhatikan lingkungan di kota Tegal sudah mulai bermunculan industri kreatif dan production house animasi dan film pendek, maka Prodi DKV Poltek Harber perlu mengarah kesama, sehingga menjadi kreator periklanan multimedia bukan mengarah pada periklanan cetak. Pada kesempatan ini Dr. Pujiyanto, M.Sn memberikan beberapa buku yang ditulisnya agar dapat dibaca oleh mahasiswa dan sebagai media perayu dosen Prodi DKV Poltek Harber agar memiliki iklim menulis buku.

 


Reporter          : Sarjono
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "PRODI DKV POLTEK HARBER TEGAL MEMACU DIRI BERSAMA UNIVERSITAS NEGERI MALANG"