Pasar Kasin Lega Belanja dan Menikmati Suasana Kebersihan Lapak Pedagangnya

Tampak depan pintu masuk pasar Kasin Malang (Foto Ist.)
             DAMARIOTIMES - Pasar Kasin, salah satu pasar yang ada di Kota Malang. Pasar yang telah mengalami revitalisasi pada tahun 2020. Di Pasar ini terdapat 130 pedagang yang menjual berbagai macam barang, baik dagangan berupa sayur mayur, hasil bumi, daging sapi dan ayam, atau barang pabrikan lainnya.

            Sekarang pasar Kasin yang terletak di Jl. Ir Rais ini tidak lagi menampakan kondisi yang kumuh sebagai pasar tradisional. Namun sudah tampak sebagai pasar yang bersih dan nyaman, lega ketika masuk dan berbelanja.

            Sebagai penikmat pasar, tentunya ketika berkunjung ke pasar Kasin ini ketika memasuki pintu utama dapat melihat secara langsung seluruh lapak pedagang, dengan konstruksi baja yang kokoh menopang atap galvalum. Sehingga pengunjung dapat merasakan udara segar dan pandangan mata yang secara langsung dapat mengarah pada kebutuhan yang ingin dibeli.

Suasana areal pasar Kasin yang besih (Foto Ist.)
             Pemandangan seperti ini yang tampaknya dapat menjadikan para pembeli merasa lega. Areal pasar yang terbuka, seraya dapat memandang lapak-lapak (bango) pedagang yang terbuat dari keramik putih bersih. Sehingga barang dagangan yang ditaruh di atasnya menjadi tampak jelas.

            Sekilas, rupanya para pedagang di pasar Kasin ini sudah paham tentang hal-hal yang diinstruksikan, utamanya yang terkait dengan kebersihan. Memang secara umum para pedagang ditempat ini tergolong ramah. Tidak tampak suara-suara yang keras menawarkan barang dagangannya. Bahkan suasana bising tidak terasa, bahkan di pojok sebelah kiri ada sumber suara musik yang membuat suasana pasar semakin nyaman.

Pedagang di Pasar Kasin yang menyediakan kebutuhan konsumsi (Foto ist.)
             Pasar ini juga dilengkapi dengan pintu keluar di sebelah kanan dan kiri, baik di tengah atau di bagian depan. Sehingga mobilitas pembeli juga tidak membuat pembeli merasa kesulitan untuk mengaksesnya. Setidaknya pasar Kasin memiliki kondisi yang cukup relevan dan sebagai pasar yang memiliki tingkat kenyamanan belanja. Sungguhpun sebagai pasar tentunya ada hal yang masih membutuhkan peningkatan dan pengawasan. Seperti lahan parkir yang memang tidak dirancang secara khusus. Sehingga tempat parkir bersifat alami, yaitu ada di depan dan di kanan kiri pasar. Sementara lapak (toko) yang berada di depan pasar tampak belum menunjukan suasana yang mampu membawa suasanya pasar menjadi meriah, beberapa tokoh tidak menunjukan barang dagangan yang favorit. Sehingga tampak lengang, hal ini mungkin yang menjadi memberikan dukungan pada bagian dalam pasar tampak tidak menunjukan kekontrasan.

            Di setiap bango (lapak) yang terbagi-bagi dalam bentuk meja beton berkeramik, dagangan yang berupa sayur-mayur atau hasil bumi yang ditata tanpa menunjukan jumlah yang berlebihan. Tampak bahwa omset para pedangan di pasar Kasin tampaknya tidak terlalu besar, sehingga pasar ini memang sebagai pasar konsumsi, bukan seperti pasar untuk para tengkulak yang mendistribusikan ke pasar yang lain.

 

 

Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Pasar Kasin Lega Belanja dan Menikmati Suasana Kebersihan Lapak Pedagangnya"