GCC JAWA TIMUR SIAP MENYAMBUT REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Sumber ilustrasi: https://www.youtube.com/watch?v=P0yjK5nfbh4
 

DAMARIOTIMES - Jawa Timur bangkit dan menggeliat  menghadadapi revolusi industri 4.0. Hal ini diramaikan dengan diselenggarakannya GTK Creative Camp (GCC) Batch-2 yang merupakan rangkaian lomba yang digawangi oleh Pemerintah Jawa Timur, khususnya bidang GTK, dengan Ibu Suhartatik selaku pelaksana tugas (PlT).

Kegiatan yang diawali dengan pembukaan serentak pada Senin, 1 November 2021, diikuti oleh 13 cabang dinas (KCD) yang menggandeng Seameo ini menyuguhkan 10 bidang lomba ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendiidkan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. Dan sedianya dilaksanakan penganugerahan penghargaan di ujung bulan November 2021.

Terdapat hal menarik yang disampaikan oleh salah satu pembicara dalam acara ini, yaitu Dr. Gatot Hari Priowirjanto, selaku direktur Seameo. Beliau menyebutkan bahwa tiga poin penting bagi peserta didik di era 4.0 adalah penguasaan dan keterampilan di bidang bahasa, bidang IT, dan kemandirian dalam menangkap informasi yang sedang berkembang.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh cabang pendidikan di Jawa Timur ini mendapatkan animo positif dengan grafik perolehan peserta tertinggi dari Cabang Dinas Pendidikan Kota Probolinggo dan terendah dari Cabang Dinas Kabupaten Pacitan.

Sumber ilustrasi: https://bit.ly/openinggcc
            Rangkaian kegiatan yang sedianya terjadwal mulai Bulan Oktober sampai dengan Bulan November 2021 ini terselenggara atas kerja sama banyak pihak, baik dari IDUKA, LPMP, Seameo, Dikti, maupun pihak sponsorship.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT pula, kegiatan ini mengenai sasaran dengan munculnya jumlah peserta tertinggi dari Bidang Lomba Kewirausahaan. Dengan ini, beliau mengharapkan bahwa sedianya peserta didik memiliki tiga prioritas bergantung pada tujuan akhir masa pendidikannya yaitu menjadi juragan di negerinya sendiri, khususnya bagi SMK. Pertama adalah profesional. Kedua, menjadi wirausaha yang mampu dan berani. Ketiga, menjadi mahasiswa di perguruan tinggi.

Sumber ilustrasi: https://bit.ly/openinggcc

 Harapan bahwa pendidikan diharapkan menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa juga menjadi poin penting yang disampaikan oleh pemimpin dinas pendidikan kelahiran Lamongan ini. Akhirnya pembukaan resmi secara virtual ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan dengan kesempatan menyapa peserta yakni GTK di Wilayah Jawa Timur oleh Kadindik Jatim.

 

Konteributor               : Dwi Ariana
Editor                          : Robby Hidajat

Posting Komentar untuk "GCC JAWA TIMUR SIAP MENYAMBUT REVOLUSI INDUSTRI 4.0"