Hidup, Berbakti dan Bermakna dalam Berkarya Seni

        Damariotimes. Malang, 18 Nopember 2023. Perjalanan hidup merupakan bentuk ingatan masa lalu untuk budaya masa depan bagi kemajuan baik dibidang Religius, arsitektur, fotografi, seni, dan budaya. Ini merupakan pernyataan Toni Johan, Salah satu sosok seniman yang menggeluti proses penciptaan karya seni, baik dibidang arsitektur, fotografi, dan dunia seni Lukis. Pengalaman hidup selama 76 tahun, diabdikan agak memiliki makna bagi yang lainnya.
Peacefull. Acryilic on canvas ukuran 100x100 cm. (foto ist.)
        Pameran yang digelar di Gedung Widya Bhakti, Jl. Guntur 1 Malang. Pameran ini berlangsung mulai tanggal 18-21 November 2023. Pameran tunggal yang menampilkan karya Lukis dan fotografi ini benar-benar menunjukan penghayatan objek, dan teknik yang sudah sangat mapan.
        Dunia seni telah menghidupkan talenta yang telah diberikan Tuhan untuk berbuat membantu dengan sesame melalui pameran tunggalnya The Journey Of My Heart" sebagai tanda mata juga untuk keluarga dan masyarakat. Bah melalui seni bias memberikan spirit bangkit bersama-sama, guyub rukun membangun dunia seni lebih maju lagi semangat itu bisa kita lihat melalui karya-karya yang telah diciptakannya dibidang arsitektur karya katedral Sorong, Manokwari Papua Barat.
Rangde. Acryilic on canvas ukuran 83x100 cm. (foto ist.)
        Perjalanan kehidupan seseorang akan dinilai dari apa saja yang telah dikerjakan untuk keluarga, lingkungan, sahabat, masyarakat, dan dari kehidupan sosialnya. Tentu setiap individu mempunyai caranya sendiri untuk menghargai kehidupan ini agar berarti bagi yang lainnya. Ada berbagi dengan sesama, melalul kreativitas dengan memamerkan karya ciptaannya.
        Tuhan telah memberikan berkat dan anugerahnya bagi setiap umat manusia maka manusia pun pada akhirnya menunjukan anugerah tersebut dengan cara berbakti kembali mengembalikan dengan cara berbuat sesuatu berefleksi tentang hasil dari kehidupan yang telah diperolehnya.
        Bangunan dengan konsep menggabungkan antara unsur budaya lokal. Yang dipadukan dengan spirit arsitektur modern. Pada akhirnya bangunan katedral tersebut terpilih menjadi bagian dari 100 bangunan Gereja terindah di seluruh Indonesia. Selain itu Karya-karya yang menarik dari sisi seni fotografi mendapatkan penghargaan baik nasional dan internasional, dan dunia seni lukis akan bisa kita apresiasi pada pameran yang memang salah satunya untuk tujuan membangun Museum Paroki Katedral jen sebagai salah satu bakti untuk pengembangan wawasan menghidupkan benda-benda yang mempunyai nilai sejarah sebagai ilmu pengetahuan khususnya bagi pengembangan kerohanian, dan pembelajaran bagi umat Allah.
 
 
Reporter : R. Hidajat
Editor      : Muhammad Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Hidup, Berbakti dan Bermakna dalam Berkarya Seni "